Jangan Anggap Remeh Ketombe, Ini dia Tips Menghilangkan Ketombe Si Kecil



Kulit kepala berketombe kayanya udah jadi masalah sebagian orang ya. Baik laki-laki maupun wanita dan gak cuma orang dewasa loh ternyata si kecil juga bisa mengalaminya.

Seperti yang dialami kedua anakku. Aku sempat bingung saat  melihat mereka sering menggaruk-garuk kepalanya. Kayanya gak mungkin anak kecil ketombean, pikirku begitu. Setelah aku cek, bener aja selama ini ketombe yang bikin mereka garuk-garuk kepala terus 😅 .

Daripada terheran-heran 😁, yuk kita bahas apa aja ni yang bisa menyebabkan masalah ketombe pada si kecil.

1. Sinar Matahari

Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kulit kepala lebih lembab. Sehingga lebih rentan menimbulkan ketombe. Jadi gak ada salahnya pakaikan topi atau penutup kepala lainnya saat anak bermain diluar saat siang hari ya moms.

2. Jarang Keramas

Jika kebersihan kulit kepala tidak di jaga maka banyak kemungkinan kotoran, sel kulit mati, dan keringat menumpuk di kepala yang menyebabkan ketombe.

3. Produksi Minyak Berlebih

Meningkatnya produksi minyak pada kulit kepala karena adanya kelebihan hormon. Minyak yang berlebih bisa menyebabkan pengendapan yang menjadi awal timbulnya ketombe.

4. Eksim

Eksim masalah kulit yang terjadi di kepala si kecil bisa menyebabkan gatal dan kulit kering. Karena jamur yang mengendap menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

Meskipun ketombe pada si kecil gak terlalu berbahaya, tapi jangan sampai dibiarkan begitu saja ya moms. Ketombe tentu bisa membuat si kecil gak nyaman. Nah, berikut tips dan cara menghilangkan ketombe yang patut di coba.

1. Gunakan Shampo Khusus Ketombe

Pilih shampo yang di formulasikan khusus ketombe dengan pertimbangan bahan yang aman untuk anak-anak ya moms.

2. Lebih Sering Menyisir

Menyisir rambut dapat membantu mengurangi ketombe dan membuang sel-sel kulit mati  di kepala. 

3. Pastikan Pembilasan Rambut Benar-benar Bersih

Jangan menggunakan terlalu banyak shampo, bilas hingga busa hilang dan tidak ada shampo yang tersisa. Shampo yang tertinggal di  kepala dapat mengering dan menjadi ketombe.

4. Rutin Keramas

Anak pasti lebih sering bermain diluar sehingga semakin sering berkeringat. Banyak kotoran yang menempel pada rambut. Tentu keramas harus dilakukan secara rutin untuk mencegah ketombe.


Comments