Ide Bermain "Mengelompokan Warna"


Dunia anak memang dunia bermain. Sebagian besar waktunya digunakan untuk bermain. Biasanya tiap weekend saya selalu mengajak anak-anak jalan keluar. Biarpun cuma jalan pagi atau jalan sore ke taman. Berhubung sabtu ini ayahnya ada urusan, libur dulu deh jalannya.

Kelar beres-beres rumah dan masak, saya ajaklah anak-anak ke toko depan perumahan. Beli kertas karton dan double tape seharga 13.000. Cukup murah kan, cuma butuh 3 pcs kertas karton dan double tape untuk menempel.

Manfaat dari permainan.

Mengenal warna
Inti dari permainan ini adalah menempelkan kertas karton kecil ke alas sesuai warnanya. Jangan lupa mommy sebutkan warnanya saat mengarahkan ke anak-anak. Sambil bermain sambil belajar mengenal warna.

Mengenal bentuk
Gunting kertas karton berbentuk lingkaran, persegi dan persegi panjang atau bisa dikreasikan dengan bentuk lain, misal segitiga. Jangan lupa sebutkan bentuknya saat mengarahkan ke anak-anak. Sambil bermain sambil belajar bentuk.


Motorik halus
Membuka double tape untuk menempelkan kertas karton gunanya untuk latihan motorik halus. Kegiatan ini mengandalkan gerak tangan.

Perkembangan emosional
Bagi anak-anak pasti cukup sulit dalam membuka double tape. Seperti anak saya yang kadang kesel karena kesulitan membuka double tape. Mommy mungkin bisa sedikit memberi bantuan supaya si anak gak bete lagi dan lanjut main ya. Kegiatan ini melatih kesabaran si anak.

Permainan sederhana dan murah seperti ini ternyata banyak manfaatnya ya 😉.


Comments