Si Kecil Nenen Holic? Nih Tips Ampuh Menyapih Anak




Menyapih si kecil terkadang menjadi masa2 emosial si ibu ya.
Gimana nggak,, si kecil jadi rewel, makin manja dan drama lainnya.
Kadang udah berbagai cara di lakuin tapi si kecil yang nenen holic masih belum bisa di sapih.
Tips ini berdasarkan pengalaman aku menyapih anak kedua aku, lala.
Awalnya aku niat untuk menyapih lala senatural mungkin tanpa paksaan, jadi dari lala umur 1,5 tahun sudah aku sounding lala ga boleh nen lagi kalau sudah umur 2 thn ya.
Selama aku sounding, respon lala cukup baik sih tapi realita saat lala umur 2 thn jauh dari harapan aku semudah itu menyapih lala .
1 bulan terlewati lanjut bulan kedua si lala makin nempel sama nen nya. Wahhh aku mesti do something ni. Jadi berikut tips aku saat menyapih lala,

➡️ Lala paling nggak suka pedes, jadi nen nya aku olesin saus sambal. Dannnn berhasil mom, pada percobaan kedua lala bener2 ga mau nen.
Jadi coba olesin p*ting dengan sesuatu yang si kecil benci. 

➡️ Gimana kalo si kecil rewel saat mau tidur karena biasanya tidur sambil nen? Cari ritual lain untuk menidurkan si kecil misalnya di gendong, di bacain dongeng pengantar tidur, di elus2 sambil di nyanyiin atau di bacakan Al-Quran. Kalau si kecil nolak gimana? Kalau aku sih bilang lagi ke lala kalau nen nya kan udah pedes, "lala masih mau nen? Dia auto jawab Gak  lalu lanjut sama ritual elus2 sambil nyanyi atau baca Al-Quran kadang2 di gendong. Usahakan biarkan dia main sepuasnya dari pagi, kalau anak capek biasanya lebih mudah tidurnya.

➡️ Jangan ganti kebiasan nen dengan minum susu di dot ya. Jangan sampai kita sudah susah payah menyapih asi selanjutnya susah payah menyapih dot. Si kecil nenen holic berubah jadi dot holic. Menurut aku lebih baik di ganti susu UHT kotak atau minum susu pakai gelas.

➡️ Sounding tetap di perlukan ya mom, lakukan dari sebelum si kecil umur 2 thn.

➡️ Sediakan cemilan kesukaan si kecil dan susu pengganti asi tanpa dot ya mom. Jadi saat si kecil minta nen bisa di alihkan dengan cemilan kesukaannya atau susu.

➡️ Karena si kecil sudah tidak menerima asupan gizi dari asi, pastikan kecukupan gizi si kecil dari makanannya ya mom.

Sekian sedikit cerita dan tips aku dalam menyapih si kecil, semoga bermanfaat ya mom.


Comments